Maju Caleg DPR RI Dapil 2 Aceh, Begini Kiprah Teuku Zainal Abidin Sebagai Pengusaha dan Politisi Partai Gerindra

 

Bagi sebagian masyarakat Kabupaten Aceh Timur, Aceh Utara dan Kota Langsa, nama Teuku Zainal Abidin tidak begitu asing, bahkan sangat familiar di berbagai kalangan, hal itu tak terlepas kiprah nya sebagai pengusaha dan politisi muda.

Pria kelahiran Desa Meunasah Tingkeum Kecamatan Madat Aceh Timur, 10 Juni 1983, bukan hanya dikenal sebagai pengusaha muda sukses, akan tetapi suami dari Erni Handayani ikut merintis karir di dunia politik.

Teuku Zainal Abidin adalah anak bungsu dari 8 bersaudara. ayah nya Ampon Amran merupakan mantan tokoh pejuang Aceh Merdeka(AM) angkatan 1976, yang ikut berjuang bersama deklarator Tgk Muhammad Hasan Di Tiro

Bermodal nekat dan sikap optimis sejak tahun 2007, mulai terjun dalam dunia usaha di bidang kontruksi sebagai Direktur Utama PT. Sultan Putra Perkasa, lambat laun usaha yang di rintis menghantarkannya menjadi pengusaha muda sukses,

T Zainal termasuk salah seorang tokoh muda yang piawai dalam membangun relasi dengan semua pihak, bahkan dalam membangun relasi bukan hanya di kalangan pejabat, pengusaha, ulama maupun elit politik, akan tetapi pria yang pernah kuliah di Unima Lhokseumawe sangat dekat dengan semua kalangan tanpa memandang status maupun strata sosial.

Keberanian T Zainal berkompetisi didunia politik pada pemilu 2019, menunjukkan punya jiwa petarung, tak tanggung tanggung di awal terjun dalam kancah dunia politik memilih dan mengambil tantangan maju sebagai calon DPR RI dari Partai Gerindra Dapil 2 Aceh.

Alhasil, walaupun tidak mendapatkan tiket ke Senayan, jumlah perolehan dukungan masyarakat capai 47 ribu suara, bersaing ketat dengan Ketua DPD Gerindra Aceh TA. Khalid.

Tak berhenti di situ. Karena memiliki kapasitas dan kredibilitas Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto mempercayakan T Zainal untuk posisi Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Aceh Timur sejak periode 2020-Sekarang.

Figure alumni santri dayah Babul Huda Pante Bayam ini semakin bersinar dan di perhitungkan oleh semua kalangan, indikator tersebut nama T Zainal selalu masuk dalam berbagai survei bursa Calon Bupati Aceh Timur.

Meskipun banyak.yang menawarkan dirinya maju sebagai Calon Bupati Aceh Timur pada Pilkada 2024 mendatang, bahkan sebagai Calon Wali Kota Langsa, T Zainal lebih memilih melanjutkan kembali perjuangan nya menuju senayan.

Pada Pileg 2024, ayah dari 4 putra putri ini, kembali mendaftar sebagai Calon DPR RI Dapil 2 dari Partai Gerindra.

Dengan keyakinan dan bertawakkal kepada Allah SWT, serta bermotto berpikir positif dan berjiwa besar, mengucapkan “insya Allah berkat doa keluarga, dukungan masyarakat dan support rekan rekan bismillah for DPR RI, ucap T Zainal.

Dalam sebuah diskusi, latar belakang maju sebagai caleg DPR RI adalah ingin berkontribusi lebih luas dalam menbantu masyarakat dan memperjuangkan kepentingan Aceh di tingkat nasional.

Selain itu kata mahasiswa pasca sarjana UISU Medan, menyebutkan masih banyak “PR” yang harus di tuntaskan di Aceh, terutama dalam menciptakan lapangan kerja serta mengentaskan kemiskinan.

Menurut T Zainal yang berlatar belakangan pengusaha, yang sangat penting bagaimana Aceh bisa keluar dari dari daerah konsumtif menjadi daerah produktif, solusi nya adalah mendorong Pemerintah Daerah dan Nasional untuk mengidupkan industri prosesing di Aceh, sehingga investasi di sektor industri hulu harus terbagun dengan hilirisasi.

Dengan tumbuh nya Industri prosesing di Aceh akan tercipta lapangan kerja yang lebih luas terhadap generasi muda Aceh yang potensial.

Di samping itu, tambah T Zainal yang juga pengurus Kadin Aceh, penting nya kebijakan publik yang lebih terarah dan memihak kepada kepentingan masyarakat(***)